Selasa, 02 April 2013

HRP-4C: Robot Cantik Menyerupai Wanita Muda Jepang


HRP-4C merupakan sebuah robot humanoid dengan kepala realistis dan menyerupai rata-rata seorang wanita muda Jepang. Robot ini bergerak seperti manusia dan merespon berdasarkan pengenalan suara.  Pengembangan HRP-4C ditujukan untuk dapat digunakan dalam industri hiburan juga sebagai simulator manusia untuk evaluasi perangkat.

HRP-4C ini kembangkan oleh Shuuji Kajita (Leader) bersama  tim  Research Group Humanoid, Intelligent Systems Research Institute (Direktur: Shigeoki Hirai) National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) (Presiden: Hiroyuki Yoshikawa) telah mengembangkan sebuah robot humanoid (a manusia cybernetic disebut "HRP-4C"). Robot yang memiliki penampilan dan bentuk menyerupai manusia ini, dapat berjalan dan bergerak utuh, dan berinteraksi dengan manusia menggunakan pengenalan suara dan sebagainya.

Robot HRP-4C ini memiliki tinggi saat berdiri 158 cm dan berat 43 kg (termasuk baterai), dengan sendi dan dimensi diatur pada nilai rata-rata wanita muda Jepang, HRP-4C terlihat sangat mirip manusia. Berjalan dengan gerak yang umumnya gerakan tersebut dikembangkan oleh gerak yang disensor dari  gerak manusia dan kemudian menirunya dengan menerapkan teknologi kontrol berjalan (walking control technology) yang dikembangkan pada Humanoid Robotics Project (HRP).

HRP-4C dikembangkan sebagai bagian dari User Centered Robot Open Architecture (UCROA), salah satu proyek di bawah AIST Industrial Transformation Research Initiative ("AIST Initiative"), sebuah proyek bersama industri akademis 3-tahun dilaksanakan oleh AIST sejak tahun fiskal 2006 dengan aplikasi yang ditujukan dalam industri hiburan, termasuk penggunaan di fashion show.
HRP-4C dikenalkan pada sebuah  Fashion Week Jepang 8 di Tokyo (JFW di Tokyo) pada tanggal 23 Maret 2009.

HRP-4C ini efisien dikembangkan berdasarkan Pengguna Centered Arsitektur Robot Buka memanfaatkan teknologi robot dasar (RT), termasuk real-time Linux, RT middleware, robot simulator OpenHRP3, pengenalan suara dan teknologi berjalan bipedal yang telah dipelajari dan dikembangkan di AIST. HRP-4C ini diharapkan dapat berguna dalam industri hiburan, untuk evaluasi perangkat untuk manusia bekerja sebagai simulator manusia, dan produk mekanik untuk membantu gerakan manusia dengan memasukkan fungsi baru dan fitur berikut:

Spesifikasi Umum HRP-4C :

(1) Tampak seperti manusia dengan tinggi 158 cm dan berat badan  43 kg (termasuk baterai), dan posisi sendi dan dimensi diatur ke nilai rata-rata untuk wanita muda Jepang dalam Dimensi Tubuh "Jepang Database 1997-1998 ".

(2) Untuk gerak meniru gerakan manusia, ada 3 derajat kebebasan di pinggul, 3 di leher dan 8 di wajah.

(3) Dengan mengadopsi teknologi kontrol berjalan yang dikembangkan di HRP yang mana gerak diambil dari pergerakan manusia sebagai referensi, gerak berjalan robot dan gerak lainnya layaknya manusia.

(4) Pengenalan suara menggunakan komponen RT middleware, yang dipasang di komputer di bagian kepala, merespon suara manusia dan robot dapat merespon dengan cara varisous.

Selanjutnya, HRP-4C mewarisi teknologi HRP-2 dan memanfaatkan teknologi yang dipatenkan dari Honda Motor Co, Ltd.

HRP-4C ini diharapkan membuka jalan bagi aplikasi praktis awal robot humanoid dengan memanfaatkan karakteristik kunci dari robot humanoid, yaitu penampilan manusia.

Video: Courtesy of Youtube 



Sumber: aist

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...